Ekonom: TKI Dipulangkan, Malaysia Tercekik

0 comments
Purbaya Yudhi Sadewa
VIVAnews - Malaysia adalah negara yang akan rugi paling banyak seandainya negara itu mengambil tindakan terlampau jauh terkait dengan hubungan ekonomi dengan Indonesia.

Bahkan, menurut Kepala Ekonom Danareksa, Purbaya Yudhi Sadewa, Malaysia akan tercekik jika tenaga kerja Indonesia dipulangkan.

Purbaya mengatakan dari sisi ekonomi, khususnya tenaga kerja, Malaysia sangat tergantung Indonesia. "Karena kita bisa sediakan tenaga kerja murah, meski ke depannya juga harus diperbaiki," kata Purbaya di Kantor Menko Perekonomian, Jumat 27 Agustus 2010.

Para pekerja itu statusnya cukup banyak tersebar di perkebunan di Malaysia. "Kalau menghitung asumsi bagi kita, sepertinya pengaruhnya tidak akan signifikan," kata Purbaya.

Ekonomi Indonesia, kata dia, juga tidak akan runtuh jika sengketa berlanjut ke soal ekonomi. Apalagi, Purbaya menekankan Malaysia bukanlah tujuan pasar ekspor utama Indonesia.

"Bahkan untuk wilayah Asean keseluruhan, itu masih kita abaikan sebagai tujuan ekspor," kata Purbaya. Jadi, misalnya terjadi apa-apa dengan Malaysia, maka dampak terhadap ekspor pun tidak akan nyata.

Share

Comments

0 comments to "Ekonom: TKI Dipulangkan, Malaysia Tercekik"

Post a Comment

readbud - get paid to read and rate articles

Admin Status

My Web Link

logo
 

Copyright © 2011 by Bloganol Converted into Blogger Template by Nugroho Hadi Kumoro