Gumi Sasak Pada Masa Prasejarah

1 comments
Rebana Barungan
Salah satu petunjuk tentang kehidupan nenek moyang  dimasa lampau  adalah peninggalan peninggalan termasuk peninggalan berupa jejak yang dapat diamati pada bentangan alam. Kebiasaan hidup nenek moyang kita pada masa itu adalah berpindah- pindah dengan mata pencaharian utama adalah berburu dan meramu. Kemudian pada tahap selanjutnya nenek moyang kita hidup secara berkelompok dan membentuk pemimpin -pemimpin di tempat tinggalnya.

Pemukiman nenek moyang kita pada masa prasejarah dibagi menjadi dua yaitu pemukiman di daerah pantai dan pemukiman di daerah pedalaman.

(1). Pemukiman nenek moyang kita di daerah pesisir pantai mengambil makanan dari hasil laut. Bukti tentang keberadaannya ialah ditemukannya peralatan seperti jaring (kerakat), alat penangkap cumi-cumi, adanya sisi kerang .

(2). Pemukiman di daerah pedalaman ditandai dengan ditemukannya alat-alat berburu seperti tombak, jaring, kodong ipin (alat untuk menangkap udang), Kodong lindung, dan sebagainya. Nenek moyang kita yang tinggal di pedalaman mengambil bahan makanan dari hutan maupun sungai-sungai yang ada di sekitarnya. Berita tentang hidup dan kehidupan nenek moyang kita dapat ditemukan dalam bentuk penuturan berantai secara turun temurun itu sebabnya dikatakan zaman prasejarah, karena pada waktu itu nenek moyang kita belum mengenal tulisan. Zaman ketika nenek moyang kita sudah mengenal huruf dan tulisan disebut zaman sejarah.


(Lalu Wacana,1977), menjelaskan bahwa untuk mengetahui tentang kehidupan nenek moyang kita pada masa lampau, kita dapatkan dari sumber informasi seperti :
  1. cerita-cerita rakyat
  2. babad lontar
  3. peninggalan-peningalan berupa makam dan masjid tua
  4. hasil penemuan Gunung Piring

Banyak hal dapat dijelaskan dari situs-situs peninggalan di pulau Lombok, akan tetapi penelitian ke arah itu masih sangat kurang seperti situs Gunung Piring, penemuan arca Budha Awalokiteswara, penemuan Genta di Pendua maupun benda-benda yang masih tersimpan dan dipegang oleh para pewaris.


Sumber : http://www.sasak.org/

Share

Comments

1 comments to "Gumi Sasak Pada Masa Prasejarah"

sam4lombok said...
August 28, 2016 at 3:54 AM

Sangat bermanfaat untuk kami anak anak Sasak untuk mengetahui sejarah dan latar belakang Suku Sasak sekalian tiang izin share di FB untuk menambah pengetahuan dan kecintaan pada daerah kita Gumi & Suku Sasak. Terima Kasih

Post a Comment

readbud - get paid to read and rate articles

Admin Status

My Web Link

logo
 

Copyright © 2011 by Bloganol Converted into Blogger Template by Nugroho Hadi Kumoro