Orang Sasak Pedalaman

0 comments
Catatan Seorang Wisatawan

Orang-orang Sasak adalah salah satu dari suku di Indonesia. Tidak banyak orang dewasa dapat berbicara bahasa nasional, Bahasa Indonesia. Mayoritas dari mereka adalah petani sawah, meskipun di beberapa desa, bekerja sebagai pembuat tembikar. Pernah mengunjungi sebuah desa di dekat pantai. Desa itu sangat indah. Ada beberapa perempuan Sasak duduk di beranda pondok tradisional Sasak, mereka menyiapkan makanan untuk makan siang keluarga mereka. Aku mencoba berbicara beberapa bahasa Indonesia kepada mereka, tetapi mereka tampaknya tidak mengerti. Akhirnya, Pedoman saya diterjemahkan pertanyaan saya kepada mereka dalam bahasa Sasak.
Waktu lain, saya mengunjungi sebuah desa gerabah di bagian barat Lombok. Tanda-tanda kemiskinan cukup jelas di sini. Anak-anak itu berjalan mondar-mandir dengan pakaian robek dan kotor. Mereka mengikuti kita, para wisatawan, riang sementara kami menjelajahi desa mereka. Tidak banyak wisatawan mengunjungi desa-desa saat ini," pemandu kami memberitahu kami.
Dia menjelaskan bahwa tragedi 9 / 11 di New York juga berdampak pada desa kecil ini Lombok. Ada beberapa sedikit wisatawan berkunjung ke Indonesia dan Lombok sejak malapetaka.
Situasi diperparah dengan bom Bali yang mengejutkan dunia pada Oktober 2002 dan isu SARS yang melanda Asia sangat segera sesudahnya. Penjelasan pertandingan Pedoman penilaian Bank Dunia Indonesia yang diterbitkan setelah bom Bali. Penilaian, diproduksi sebelum masalah SARS melanda Asia, mengatakan bahwa meskipun bom Bali Bali hit paling, dampaknya juga akan mempengaruhi orang-orang desa yang juga tergantung pariwisata, seperti yang di Lombok. Tingkat kemiskinan diperkirakan meningkat menjadi sekitar 16,7 persen pada tahun 2003 dari 16 persen pada tahun 2000, bukannya menurun ke 15 persen yang diproyeksikan sebelum pengeboman itu.
"Orang-orang di desa ini digunakan untuk menjual banyak terracotas mereka ke pengecer di Bali. Saat ini, hanya sejumlah kecil terracotas ini dapat dijual," Pedoman saya memberitahu kami. Dia juga mengatakan bahwa harga terracotas Sasak dijual di Bali dapat sepuluh kali lebih banyak daripada yang dijual langsung di desa-desa di Lombok.
Saya tidak yakin apakah itu dilebih-lebihkan, tetapi kami percaya mengingat situasi sulit saat ini. Dalam kunjungan kedua saya ke Lombok, tahun 1999, saya membeli sebuah lilin terracota indah dengan harga murah di salah satu desa-desa gerabah. Beberapa hari kemudian, aku terbang kembali ke Bali dan menemukan hal yang sama persis dengan desain yang sama dan warna yang dijual oleh beberapa toko seni di pantai Kuta Bali. Harga Toko seni adalah sekitar tiga kali lipat yang saya beli langsung di desa gerabah Lombok.
Saya suka gerabah Lombok karena warna kecoklatan dari terracota mereka lebih gelap dan memberi kesan kuno yang lebih dari yang biasanya diproduksi di daerah lain di Indonesia.
Tidak seperti tetangga yang subur dengan Bali, sebagian besar lahan di Lombok adalah jauh lebih kering dan kasar seperti pedalaman Australia. Para naturalis abad ke-19, Alfred Russel Wallace, berteori bahwa ada sebuah perbatasan yang membagi ekosfer Asia dengan flora dan fauna, dari zona Australia yang memiliki berbagai jenis spesies.
Batas imajiner ini terletak antara Bali dan Lombok dan disebut Garis Wallace. Ini mungkin menjelaskan keunikan dan kualitas tinggi dari bahan tanah liat digunakan untuk membuat tembikar di Lombok.Teori Wallace juga menjelaskan fakta bahwa meskipun pulau ini kering, cuaca, terutama di daerah teluk Senggigi, jauh lebih dingin dari Bali.
Senggigi adalah strip empat kilometer dari pantai, restoran, dan resor mewah.Terletak sekitar setengah jam perjalanan dengan mobil dari bandara, itu pertama kali dibangun dan dikembangkan sebagai daerah wisatawan pada tahun 1986 oleh pemerintah Indonesia.Sebagian besar dari empat-dan hotel bintang lima di pulau ini terletak di sini.Ini adalah ketenaran sebagian besar berasal dari pemandangan teluk yang menghadap ke Selat Lombok, yang juga sejajar dengan bukit-bukit subur yang berhembus angin dingin terhadap seluruh daerah Senggigi.
Kegiatan favorit saya di Senggigi adalah bersepeda di sepanjang lansekap berbukit dan menonton matahari terbenam yang indah berkilauan samar-samar di selat Lombok dari atas bukit.
Di pagi hari, bersepeda ke bagian timur Senggigi biasanya sebuah opsi yang memuaskan rasa lapar saya akan keindahan alam.
With the azure sky as the backdrop, the misty Mount Agung, the highest and most sacred mountain in Bali, can be clearly seen from the distance. Dengan latar belakang langit biru itu, berkabut Gunung Agung, yang tertinggi dan paling suci gunung di Bali, dapat secara jelas dilihat dari kejauhan.
Selama perjalanan saya terakhir ke Lombok, aku melihat sekelompok struktur bambu lepas pantai di dalam air Senggigi di dekatnya.
Pada awalnya, saya pertama mereka adalah tempat penetasan ikan laut, tapi kemudian saya belajar bahwa mereka peternakan mutiara yang menghasilkan mutiara berkualitas tinggi.
"Lombok dikenal dengan mutiara yang Ada sekitar 15 perusahaan mutiara di sini.. Kebanyakan dari mereka adalah milik internasional karena memerlukan banyak modal untuk membangun sebuah peternakan mutiara. Banyak mempertimbangkan kualitas mutiara di sini sebagai salah satu yang terbaik di dunia, "jelas pemandu saya ketika saya bertanya tentang hal itu.
Inilah Lombok, sebuah majalah yang diterbitkan oleh badan promosi Lombok, mengatakan bahwa ada dua jenis mutiara yang dijual di pulau ini: mutiara garam-air dan air yang segar.
"Salt-air mutiara umumnya lebih mahal dan kualitas yang lebih tinggi dari mutiara air tawar. Mereka memiliki keharuman yang baik dan bentuknya lebih bulat. Semakin sempurna bulat mutiara, semakin mahal itu. Sementara itu, mutiara air tawar ditandai dengan 'mereka yang tidak sempurna' penampilan, memiliki permukaan lurik dan bentuk alam asimetris, "menurut majalah tersebut.Aku tidak pernah tahu tentang ini sebelumnya. Jadi, cukup kebetulan bahwa beberapa pantai-pedagang menawarkan mutiara ini hari yang sama aku melihat adanya orang-orang peternakan mutiara. Para pedagang menjual baik air tawar dan mutiara air garam cukup dengan harga yang wajar. Namun, karena saya tidak mengerti banyak tentang mutiara, saya tidak yakin apakah mereka asli atau palsu. Kemudian, saya belajar bahwa ada beberapa toko mutiara sepanjang perjalanan ke bandara. Sungguh suatu harta karun yang tidak diketahui banyak orang, bahkan untuk Indonesia.Saya percaya ada banyak lagi 'harta karun' di Lombok.Senggigi, Dari pengusaha hotel di Senggigi, saya belajar tentang pulau Moyo terpencil, pendek, penerbangan 20 menit timur Lombok.Ada pasar yang sangat besar di pulau dimana selebriti internasional terkenal menghabiskan waktu. Putri Diana pernah sekali menghabiskan liburan di sana selama hampir dua minggu sebelum akhirnya paparazzi menemukannya.


Selain pulau Moyo internasional yang terkenal, ada pulau kecil lainnya di dekat Lombok, seperti Gilis (Gili artinya pulau kecil 'dalam bahasa Sasak). Yang terbesar adalah Gili Trawangan di mana hanya tinggal hotel berstandar internasional.Yang lainnya adalah Gili Air dan Gili Meno berbagai tempat penginapan murah sebagian besar menyediakan tempat penampungan untuk Backpackers mengunjungi pulau.Aku terkejut melihat kafe internet di Gili Trawangan pada kunjungan terakhir saya di sana.Pulau ini tidak terpencil dari dunia luar lagi.The Gilis offshore adalah tempat yang sempurna untuk snorkeling dan menyelam.
Guy gesper, dalam bukunya "The Dive Sites of Indonesia," menyebutkan sedikitnya enam situs menyelam di sekitar Gilis, yang berkisar dari rata-rata kelas pertama dan dua snorkeling situs yang berkisar dari baik sangat dianjurkan.Sama seperti di daratan, Lombok, jumlah wisatawan yang berkunjung ke pulau ini juga menurun secara signifikan.Untuk batas tertentu, memberikan perasaan yang menyenangkan, seperti Anda memiliki seluruh pulau untuk diri Anda sendiri dengan hanya beberapa tetangga sekitar, tapi aku juga menyadari bahwa situasi ini tidak menguntungkan bagi banyak penduduk setempat yang mata pencahariannya bergantung pada pariwisata.








Sumber : http://lombok-culture.blogspot.com
Share

Comments

0 comments to "Orang Sasak Pedalaman"

Post a Comment

readbud - get paid to read and rate articles

Admin Status

My Web Link

logo
 

Copyright © 2011 by Bloganol Converted into Blogger Template by Nugroho Hadi Kumoro